Menulis Opini Harus Gagasan Orisinil


Oleh : Abdul Azis Muslim
Tulisan yang baik dan orisinal menjadi salah satu syarat jika ingin tulisannya bisa dimuat di majalah suara guru yang dikelola oleh PB PGRI. Salah satu satu bentuk tulisan tersebut adalah opini. Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yg terjadi. Dengan demikian opini tidak akan kehilangan topik sehingga kebijakan dan fakta pendidikan akan selalu hadir.
Majalah Suara Guru (SG) PGRI sendiri usianya sudah puluhan tahun setua PGRI. Tulisan dari guru yang masuk ke majalah SG bisa dimuat dalam bentuk offline maupun online. Majalah SG dicetak sebanyak 5 ribu lembar dan didistribusikan ke 34 propinsi se-Indonesia. apa saja syaratnya kita bisa menbgirimkan artikel ke redaksi majalah guru? Syaratnya yaitu menyebutkan status dan foto. Rubrik yang dikelola Majalah SG yaitu Opini. Resensi. Sastra. Destinasi. Dll. Temanya difokuskan ke bidang pendidikan yang menjadi ladang perjuangan PGRI.
Pengiriman artikel ke SG PGRI bisa dikirim ke email majalah.suaraguru@gmail.com. Penulis yang sudah mengirim naskah kemajalah ini dilarang untuk mengirim naskah ke majalah atau media lain sehingga tidak terjadi benturan kepentingan.
Untuk bisa menulis memang perlu latihan yang banyak. Jam terbang menjadi faktor yang harus diperhitungkan. Penulis pemula tidak perlu takut untuk menulis. Agar bisa bagus tulisannya, seorang penulis pemula juga bisa belajar dari tulisan-tulisan yang beredar di media nasional yang sudah teruji validitasnya misalnya di detik.com
Rangkuman tulisan di atas merupakan hasil diskusi dengan Dr. Jejen Musfah Pemimpin Redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI dalam Pelatihan Menulis Bagi Guru yang difasilitasi PGRI bersama dengan Omjay. Sukses terus PGRI. Bravo.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membayangkan Seminggu Tidak Menulis Dipecat, Rahasia Sukses Profesor Richardus Eko Indrajit Menulis 75 Buku

PEDOMAN PEMBELAJARAN DAN INSTRUKSI PENDIDIKAN