Menghayati Peran Sebagai Pendidik, Kunci Sukses Haji Encon Rahman Gupres Nasional 2016


Oleh : Abdul Azis Muslim

Penghargaan merupakan buah dari kerja keras. Jika sesuatu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan senang hati maka segala hambatan akan teratasi bahkan ganjaran berupa prestasi juga menjadi buah dari kesungguhan tersebut. Hal ini juga yang menjadi kunci sukses Haji Encon Rahman salah seorang guru di SDN Mekarwangi Jawa Barat.
Berkat kegigihan dalam mendidik anak didiknya Bapak Encon mendapatkan predikat sebagai guru berprestasi tingkat nasional yang dianugerahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2016. Capaian ini bertambah dengan dianugerahkankan  penghargaan Princess  Mahacakri Award (PMA) oleh Kerajaan Thailand.
Untuk menjadi guru berprestasi tidak mudah. Tapi salah satunya yang patut menjadi renungan dari beliau adalah adanya rasa menghayati dan mencintai profesi guru. Dengan kesadaran dalam dan rasa  cinta kepada anak didiknya sehingga mengantarkan pria rendah hati ini menjadi guru teladan bagi yang lain.
Selain itu, menjadi guru yang sukses menurut guru Matematika, Sains dan Ilmu Sosial ini kuncinya adalah mampu menjadi teladan dalam mendidik orang dan mampu mengubah kehidupan seseorang menjadi orang yang sukses. Guru yang bersangkutan wajib menjadi inspirasi guru lain dalam dunia pendidikan.
Guru juga harus mampu menginspirasi dan mampu menghadapi tantangan serta mencari solusi yang dihadapi siswa. Tidak kalah pentingnya seorang pendidik mampu menjadi inovasi dalam proses pembelajaran sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan.
Menjadi guru berprestasi lebih-lebih tingkat nasional tidak hanya sekedar mengajar dan mendidik. Encon Rahman menghasilkan banyak karya yang dipublikasikan di koran dan jurnal pendidikan, menulis artikel pendidikan, menulis buku teks, menulis makalah hasil penelitian di kelas,  menggambar kartun untuk, pembicara di berbagai pelatihan standard dan pelatihan kurikulum, mentor pengajaran, ia mengembangkan pengajaran dengan membuat PTK, ia sering mengunjungi siswa dan mencari solusi, penelitian di kelas agar dapat memahami permasalahan dengan cara mengunjungi siswa di rumah. Kemampuan menggambar karikatur digunakan untuk pembelajaran 
Lomba guru berprestasi bukan hanya ada di Indonesia tetapi lomba ini juga diterapkan di negara-negara lain termasuk di Asia tenggara. Itulah sebabnya pemerintah setiap tahun selalu mengadakan lomba gupres. Lomba gupres termasuk ajang berprestasi dan bergengsi bagi seorang guru
Kenapa dikatakan demikian karena penilaian gupres lebih komprehensif dan menyeluruh dari berbagai faktor. Sebagaimana kita ketahui di dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 jabatan guru itu adalah profesi Seorang guru harus memiliki jabatan profesional di mana jabatan ini mencakup 7 M yaitu mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengajar, mengevaluasi. Apabila guru tidak memiliki ranah 7M ini maka akan menjadi pertanyaan besar karena guru adalah seorang professional.
Pada sisi lain pemerintah selalu mengadakan lomba gupres baik dari tingkat jenjang satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA diantaranya memiliki tujuan. 1. Mengangkat guru sebagai profesi terhormat mulia bermartabat dan terlindungi , 2. Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya, 3. Meningkatkan persaingan yang sehat selalu pemberian penghargaan di bidang pendidikan, 4. Membangun komitmen mutu guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan. Dengan mengacu kepada  tujuan pemilihan gupres di atas maka kegiatan ini rutinitas diselenggarakan setiap tahunnya
Adapun rahasia sukses menjadi gupres hanya dua saja. Ini adalah video penghargaan dari PMCA ketika sy menjadi penerima guru internasional di Thailand. Satu memiliki amalan batiniah. Kedua memiliki amalan lahiriyah. Ingin tahu lebih lanjut. Silahkan klik https://youtu.be/FWBFNVvHi-8. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membayangkan Seminggu Tidak Menulis Dipecat, Rahasia Sukses Profesor Richardus Eko Indrajit Menulis 75 Buku

PEDOMAN PEMBELAJARAN DAN INSTRUKSI PENDIDIKAN