Hasil Review di Portal Rumah Belajar.ID Kategori Literasi dan Sejarah
Oleh : Abdul Azis Muslim
Staf Pengajar SMPN 1 Wedung

Apa yang didalam portal Rumah Belajar.ID kategori literasi sungguh bagus. Didalamnya berisi berbagai inovasi pembelajaran di pelosok nusantara luar biasa bagus karena didalamnya mengandung berbagai macam inovasi pembelajaran yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Inovasi yang beragam di seluruh pelosok penjuru tanah air memberikan semacam motivasi dan semangat bagi guru dan pendidik di seluruh Indonesia. Sayangnya masih ada kelemahan yang penulis jumpai berupa kurang menariknya icon kategori maupun pelabelan yang tidak representative serta menonjol, sehingga bagi mereka yang baru masuk dan melihat, kurang tertarik untuk menjelajahi kategori dan isinya.

Saran penulis ke depan kalau bisa rumah belajar.id dikembangkan lebih sistematis dan integrative serta menarik tampilannya sehingga menggugah selera orang untuk mau masuk dan membaca lebih dalam apa yang terkandung didalamnya. Rumah belajar id menawarkan pembelajaran masa depan karena semua orang bisa belajar dimananapun dan kapanpun.

Yang paling keren lagi semua orang bisa menjadi guru dan murid. Semua bisa saling berbagi pengalaman dengan leluasa. Semua hal bisa dishare kepada semua orang di seluruh Indonesia bahkan bisa diakses ke seluruh dunia. Inilah ciri abad pembelajaran abad 21 yang menekankan 4 pondasi dasar yaitu 4C yaitu kritis, komunkatif, kolaborasi atau kerjasama serta kreativitas.  Kita bisa belajar dari apa yang kita pelajari dan kemudian kita bisa berbagi dari apa yang kita punyai. Saya yakin banyak pembaca yang searching untuk mempelajari portal rumahbelajar.id. Lihat disini.


Sementara itu, Ketika pembaca masuk ke web rumah belajar kategori sejarah, penulis awalnya kurang tertarik karena kurangnya pemahaman mengenai apa yang ditampilkan. Jika hanya mengandalkan video rasanya kurang puas sebagai pembaca. Paling tidak seharusnya kalau mau menarik pembaca, pengelola web bisa membuat tampilan menarik berupa tulisan ilmiah mengenai sejarah misalnya sejarah masjid-masjid tua di Indonesia. Referensi yang kuat dan sempurna makin membuat feature ini seharusnya bagus dan bisa menarik berbagai kalangan untuk masuk ke web rumah belajar kategori sejarah.

Untuk keunggulan pada kategori ini berupa banyak nya materi video sejarah berbagai peninggalan di Indonesia sehingga masyarakat Indonesia bisa mengenal lebih dekat mengenai situs-situs bersejarah dan layak untuk dibaca maupun diteliti lebih jauh.  Jika video dan tulisan dipadukan serta ditampilkan tanggapan dari responden maka situs ini bisa dibaca banyak orang dari berbagai penjuru tanah air bahkan luar negeri untuk mencari dan mengetahui tentang keragaman budaya dan aneka peninggalan sejarahnya.

Pembaca berkunjung ke situs yang dimaksud karena mereka menganggap web tersebut memberikan kebutuhan bagi pengakses. Salah satu alasan mengapa pengunjung membuka web tidak lain mereka dengan mudah segera paham dengan isi yang ditampilkan dalam situs yang dicari. Maka adanya fitur berupa tulisan pengantar menjadi hal yang penting dan tidak diabaikan begitu saja oleh pengelola web. Tulisan yang dibuat pengelola juga harus sesuai EYD dan menarik. Memang sulit untuk merangkai kata yang membuat betah pengunjung di halaman situs. Karena itu sedini mungkin pengeloa berupaya menampilkan tulisan pengantar yang berbobot dan menyenangkan.

Disamping itu dalam rumah belajar.id, pengelola harus memiliki tujuan jelas. Hal ini dibaca dari isi halaman yang ditampilkan pengelola harus relevan dengan tujuan yang hendak dicapai. Dari hasil review, penulis melihat sebetulnya isi halaman memang bagus namun kurang diimbangi dengan tulisan sebagai pengantar sebelum pembaca masuk dan mengklik video dalam tema sejarah maupun tema-tema lain yang disajikan pengelola.

Update data dari penelusuran ke rumah belajar.id sudah berjalan bagus.. Berbagai kajian dan tema juga sudah tampak dilakukan pengelola. Sebagai web yang difungsikan sebagai rumah belajar bersama konten yang dikelola pengelola web sudah mencerminkan hal tersebut. Berbagai kreasi dan inovasi dari seluruh nusantara ditampilkan dengan menarik. Demikian ulasan yang bisa penulis sampaikan sebagai bahan perbaikan ke depan. Tetap jaya rumahbelajar.id. semangat !!

Hasil review Rumah Belajar.Id di atas merupakan tugas dalam rangka memenuhi Vicon Batch 5 102 Demak dengan menggunakan aplikasi google translate. Untuk lebih mantap mengetahui hasilnya maka hasil rekaman Speech to Text dapat dilihat disini serta hasil rekaman Text to Speech dapat dilihat disini.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membayangkan Seminggu Tidak Menulis Dipecat, Rahasia Sukses Profesor Richardus Eko Indrajit Menulis 75 Buku

PEDOMAN PEMBELAJARAN DAN INSTRUKSI PENDIDIKAN